Manfaat Daun Pepaya Untuk Obat Maag

By | April 6, 2018

Manfaat Daun Pepaya Untuk Obat Maag

Manfaat Daun Pepaya Untuk Obat Maag

Manfaat Daun Pepaya Untuk Obat Maag-, Pepaya dikenal dengan nama binomial Carica papaya, tanaman ini bersal dari mesiko selatan dan utara. Daun pepaya muda dapat dimakan sebagai lalapan atau dijadikan pembungkus makanan buntil. Daun pepaya ini dapat dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit, serta Biji buah pepaya juga dapat menjadi antioksidan dalam darah karena dapat menurunkan kadar kolesterol. Cara penyajianya dapat dilakukan dengan diblender dibuat seperti jus atau seperti menyeduh kopi (setelah dikeringakan dan di blender).

Kandungan Gizi

Daun Pepaya per-100gr

Vitamin A 18250 SI
Vitamin B1 0,15 mg
Vitamin C 140 mg
Kalori 79 kal
protein 8,0 gr
lemak 2,0 gr
karbohidrat 11,9 gr
Kalsium 353 mg
Air 75,4 gr

Daun pepaya ini mengandung vitamin A,C,E,B dan K serta juga terkandung mineral seperti Kalsium, Magnesium, dan Zat besi. Antioksidan penting terkandung juga dalam daun pepaya yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Senyawa karpain dalam daun pepaya adalah senyawa penting yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat seperti bakteri H. Pylori.

Senyawa etanol yang terdapat pada daun pepaya dapat berguna sebagai anti-inflamasi sehingga mengurangi kerusakan dan dapat mengobati rasa sakit yang ditimbulkan dari penyakit maag. Untuk cara pengolahan daun pepaya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Bahan-Bahan

  • 5 gr daun pepaya
  • 10 gr saun seruni putih
  • 10 gr daun pegangan
  • 5 gr kencur
  • 5 gr sembung
  • Air bersih

Cara Pembuatan

  • Semua bahan cuci mengunakan air sampai bersih agar steril.
  • Tumbuk sampai benar-benar halus.
  • Setalah halus kemudian pindahkan pada kain/ penyaring.
  • Masukan dalam gelas lalu minum saat lambung mengalami gangguan.

Manfaat Lain Daun Pepaya

  1. Mengurangi Nyeri Haid

Air rebusan daun pepaya ternyata sangat efektif untuk mengurangi nyeri pada saat haid. Caranya dengan merebus daun pepaya tambahkan garam dan sedikit asam jawa, rebus hingga mendidih dan kemudian saring. Zat antioksidan dalam daun pepaya bermanfaat untuk menjaga kebersihan bagian rahim.

  1. Mengatasi Penuaan Dini

Daun pepaya kaya akan amino dan antioksidan sehingga efektif untuk mencegah radikal bebas dan menutrisi kulit.

  1. Menghilangkan Ketombe

Kandungan senyawa karpain dalam daun pepaya dapat membersihkan ketombe, minyak dan kotoran yang menempel pada kulit kepala.

  1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat pada wajah diakibatkan oleh bakteri dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Untuk mengatasi masalah tersebut gunakanlah daun pepeya dengan cara dibuat seperti masker.

  1. Menambah Nafsu Makan

Kandungan daun pepaya ini dapat meningkatkan nafsu makan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, untuk cara mengkonsumsinya dapat dijadikan lalapan, atau dari air rebusan daun pepaya.

One thought on “Manfaat Daun Pepaya Untuk Obat Maag

  1. Pingback: √ 4+ Cara Mengobati Penyakit Amandel Yang Sudah Besar 100% Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *